4 Fitur Baru WhatsApp yang Perlu Anda Coba



Dalam beberapa bulan terakhir, WhatsApp banyak melakukan improvisasi untuk membuat penggunanya semakin nyaman dan aman berinteraksi menggunakan aplikasi perpesanan instan paling populer ini. Fitur-fitur baru ditambahkan untuk menunjang penggunanya melakukan aktivitas komunikasi via daring.


Berikut sejumlah fitur baru yang dirilis WhatsApp di 2021:


1. Lihat Sekali atau View Once foto dan video di WhatsApp


Melansir dari laman WhatsApp, pada 2 September 2021 secara resmi WhatsApp meluncurkan fitur Lihat Sekali. Fitur ini berguna untuk pengguna yang ingin menjaga privasi saat mengirimkan pesan berupa foto atau video. Dengan menggunakan fitur ini, penerima pesan hanya memiliki kesempatan sekali saja untuk melihat apa yang dikirim dan secara otomatis akan menghilang setelah dilihat.


2. Menambahkan panggilan grup selama panggilan berlangsung


WhatsApp meluncurkan fitur baru pada 3 Agustus 2021. Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp menambahkan panggilan baru selama panggilan berlangsung. “Jiika seseorang dalam grup Anda melewatkan panggilan saat telepon berdering, mereka masih dapat bergabung kapan pun mereka mau. Anda juga dapat drop-off dan bergabung kembali selama panggilan masih berlangsung,” kata pihak WhatsApp melalui laman resmi mereka.


Selama panggilan grup berlangsung, pengguna juga dapat melihat info panggilan. Sehingga pengguna dapat melihat siapa yang sudah menelepon dan siapa yang telah diundang tetapi belum bergabung. “Dan, jika Anda menekan ‘abaikan’ Anda dapat bergabung nanti dari tab panggilan di WhatsApp,” jelas WhatsApp.


3. Fitur membuat pesan bisnis yang cepat dan mudah


WhatsApp meluncurkan fitur baru pada 21 Juni 2021 untuk membuat pesan bisnis lebih cepat dan lebih mudah untuk pengguna WhatsApp Business. WhatsApp meluncurkan fitur perpesanan baru yang dapat membantu orang menyelesaikan bisnis lebih cepat. WhatsApp menyediakan opsi hingga 10 jawaban untuk membalas pelanggan sehingga pengguna tidak perlu lagi mengetik tanggapan.


“Tombol balas akan memungkinkan orang dengan cepat membuat pilihan hingga tiga opsi hanya dengan satu ketukan cepat yang dapat diatur pengguna sebelumnya melalui akun API WhatsApp Business mereka,” kata pihak WhatsApp.


4. Panggilan pribadi dan aman dari desktop


Panggilan pribadi tak hanya dapat dilakukan via smartphone, pada 6 April 2021 WhatsApp memperkenalkan fitur baru panggilan suara dan video pribadi dan aman tersedia di aplikasi desktop WhatsApp.


“Sepanjang tahun lalu kami telah melihat peningkatan yang signifikan pada orang-orang yang saling menelepon di WhatsApp, seringkali untuk percakapan yang panjang.  Malam Tahun Baru lalu, kami memecahkan rekor panggilan telepon terbanyak yang pernah dilakukan dalam satu hari dengan 1,4 miliar panggilan suara dan video,” jelas pihak WhatsApp.


WhatsApp mengklaim, mengobrol di layar yang lebih besar memudahkan pengguna bekerja dengan rekan kerja, melihat keluarga lebih jelas di layar yang lebih besar, atau membebaskan tangan pengguna untuk bergerak di sekitar ruangan sambil berbicara. Untuk membuat panggilan desktop lebih berguna, WhatsApp memastikannya berfungsi dengan mulus untuk orientasi potret dan lanskap, muncul di jendela mandiri yang dapat diubah ukurannya di layar komputer pengguna.


“Dan disetel untuk selalu di atas sehingga Anda tidak pernah kehilangan obrolan video di tab browser  atau tumpukan jendela yang terbuka,” tulis pihak WhatsApp di laman resminya.


WhatsApp mengkonfirmasi bahwa panggilan suara dan video di WhatsApp dienkripsi ujung-ke-ujung, sehingga WhatsApp tidak dapat mendengar atau melihatnya, baik pengguna menelepon dari ponsel atau komputer.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama